Selasa, 06 Oktober 2015

BAHAN AJAR GRAFIK DAN BAGAN SEJARAH



BAHAN AJAR GRAFIK DAN BAGAN SEJARAH

Makalah
Untuk memenuhi matakuliah
Pengembangan bahan ajar sejarah
Yang di bina oleh drs. H.Kasimanuddin ismani, M. Pd


Penyusun :
Kelompok 5 offering A/2013
                                      Dwi Lidiawati                             (130731615709)
                                      Fajarini Lestari                            (130731625749)
                                      Wayu Untoro                              (130731616745)
                                      Yana Armadhita                         (130731607248)






Description: logo-um-2.jpg
 










UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
SEMESTER IV
Maret 2015

KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur kehadirat Allah swt, yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Bahan Ajar Grafik dan Bagan Sejarah” ini. Dalam makalah ini, pemakalah mengharapkan bahan ajar ini dapat membantu dalam pembelajaran sejarah, dan khususnya pada masalah pembelajaran Sejarah pada masa kini.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada bapak Kasimanuddin ismani selaku dosen yang telah membimbing matakuliah Pengembangan bahan ajar sejarah. Kemudian kepada semua pihak yang membimbing dan memberikanan pengarahan selama penulisan makalah ini.
Akhirnya penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam makalah ini, maka penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.


Malang, 10 Maret 2015

                                                                                                          Pemakalah






DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..........................................................................................................
DAFTAR ISI..........................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
a.       Latar belakang..............................................................................................................
b.      Rumusan masalah.........................................................................................................
c.       Tujuan...........................................................................................................................
BAB II BAHAN PEMBELAJARAN
a.       Pengertian.....................................................................................................................
b.      Macam-macam.............................................................................................................
c.       Ciri-ciri, keunggulan dan keterbatasan.........................................................................
d.      Langkah-langkah penyusunan dan penggunaan...........................................................
e.       Contoh (model) bahan ajar...........................................................................................
BAB III PENUTUP
a.       Simpulan.......................................................................................................................
b.      Saran.............................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................










BAB I
PENDAHULUAN
a.      Latar Belakang
Dalam suatu pembelajaran perlu adanya suatu bahan pembelajaran yang mampu dikembangkan sendiri oleh pendidik selaku fasilitor dalam pembelajaran. Mata pelajaran sejarah yang sering dikonsepkan sebagai matapelajaran yang tidak penting, membosankan, dan tidak menarik menuntut para guru sejarah untuk mampu mengurangi masalah tersebut, salah satu solusinya yakni dengan mengembangkan suatu bahan ajar yang menunjang proses belajar peserta didik. Bahan ajar yang dikembangkan oleh guru berbagai macam modelnya, seperti bahan ajar dengan menggunakan grafik dan bagan, yang merupakan salah satu bahan ajar yang telah umum dikenal oleh siswa mupun guru sendiri. Bagan ajar grafik dan bagan ini dapat di gunakan desain serta fungsi dan manfaat sebaik mungkin yang mana dapat mencapai tujuan pemebelajaran sejarah. Sehingga dalam proses pembelajaran sejarah siswa tidak akan merasa jenuh dan bosan dalam memperhatikan mata pelajaran sejarah tersebut.
Pembelajaran sejarah yang berupa grafik dan bagan ini lebih banyak menonjolkan isi-isi dari suatu pembahasan yang membutuhkan penjelasan dari seorang guru, maupun penjelasan dari suatu keterangan-keterangan lainnya. Selain itu bahan ajar yang berupa grafik dan bagan dalam penyajian selalu di urtkan berdasarkan kronologi watu atau suatu peristiwa, sehingga bahan ajar ini menjelaskan secara berurutan.


b.      Rumusan Masalah
1.      Bagaimana bahan pembelajaran sejarah berupa grafik?
2.      Bagaimana bahan pembelajaran sejarah berupa bagan?

c.       Tujuan
1.      Untuk mengetahui bahan pembelajaran sejarah berupa grafik
2.      Untuk mengetahui bahan pembelajaran sejarah berupa bagan
BAB II
BAHAN PEMBELAJARAN
A.  Pengertian
Menurut Setyosari, Sihkabuden pengertian media grafis ialah suatu penyajian secara visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol visual lain dengan maksud untuk mengikhtisarkan, menggambarkan, merangkum suatu ide, data atau kejadian/keadaan. (Setyosari, Sihkabuden, 2005:118). Di dalam media grafis ini tercantum berbagai komponen. Antara lain, grafik, bagan, gambar, tabel, diagram, dan lain sebagainya. Media grafis dapat digunakan sebagai media pembelajaran dapat pula digunakan sebagai bahan ajar bagi peserta didik dalam membantu pemahamannya terhadap materi pembelajaran. Bahan ajar bagan dan grafik dalam penggunaannya dalam membantu pembelajaran harus memperhatikan beberapa aspek, aspek yang terpenting adalah aspek pada tujuan pembelajaran.
Pengertian grafik adalah suatu penyajian visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol visual lain untuk menggambarkan hampir semua data yang bersifat kuatitatif. Pembuatan grafik selalu berdasarkan prinsip-prinsip matematika dan statistika (Setyosari, Sihkabuden, 2005:121). Dari bentuk verbal atau kata-kata di visualkan di dalam bentuk grafik yang membantu peserta didik dalam memahami teks yang di pelajari. Grafik yang ditunjukkan harus sesuai bukti sejarah agar tidak terjadi ketimpangan antara teks dan grafik.
Pengertian Bagan adalah penyajian visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol visual lain dengan sedikit keterangan, agar peserta didik dapat lebih jelas menerima apa yang dimaksudkan oleh guru (Setyosari, Sihkabuden, 2005: 118). Di dalam bagan ini harus di sisipkan keterangan agar bagan dapat terbaca. Perbedaan antara bagan dan grafik ini terletak pada, jika grafik lebih kepada data kuantitatif dan membutuhkan prinsip-prinsip matematika dalam menyajikannya, sedangkan bagan lebih kepada  memvisualkan teks melalui keterangan dan lebih mensederhanakan teks di dalam alur yang berhubungan.



B.  Macam-Macam
Jenis-jenis grafik :
1.    grafik batang adalah untuk menunjukkan perbandingan relatif dari suatu data kuantitatif sederhana dengan menggunakan gambaran bidang yang merupakan bentuk-bentuk geometris seperti segi empat, empat persegi panjang, segi tiga dan sebagainya.
2.     grafik balok: apabila grafik batang digambarkandengan dua dimensi, maka pada grafik balok gambaran bidang tadi ditambah dengan tebalnya atau gambarkan isinya.
3.    Grafik lingkaran: menjelaskan keadaan data dengan lingkaran yang menunjukkan bilangan bulat (100%) dan setiap irisan merupakan suatu prosentase khusus. Grafik lingkaran merupakan alat yang tepat untuk menunjukkan hubungan fraksional.
4.    Grafik gambar: grafik ini merupakan variasi dari garis balok, yaitu dengan menambah hiasan gambar-gambar, sehingga akan menambah kejelasan bagi pembacanya.
5.    Garfik garis atau gravik kurva: gravik yang dapat  memvisualisasikan tabel-tabel statstik yang tertulis, menunjukkan perkembangan, perubahan dan perbandingan secara akurat.( Setyosari, Sihkabuden, 2005: 122-123)
Jenis –jenis bagan dilihat dari bentuk dan fungsinya:
a.    Bagan waktu yaitu bagan yang menunjukkan data atau keadaan dalam urutan waktu secara teratur.
b.    Bagan aliran yaitu yang melukiskan perkembangan, pertumbuhan, mulai dari suatu sumber perubahan yang kemudian menjalar kebanyak cabang atau mulai dari banyak cabang kemudian memusat ke satu aliran tunggal.
c.    Bagan struktur organisasi (organigram) yaitu bagan yang berfungsi untuk menjelaskan hubungan fungsional antara bagian dalam suatu organisasi yang terlihat dengan digunakannya kotak-kotak empat persegi panjang, garis-garis dan anak panah.
d.   Bagan petunjuk atau penuntun yaitu bagan yang memberikan petunjuk atau penuntun mengenai pembuatan atau penggunaan sesuatu dengan menggunakan tanda panah atau dengan memberikan nomor secara berurutan.
e.    Bagan uraian yaitu bagan yang menggambarkan bagian-bagian yang terurai atau terpisah-pisah dari sesuatu alat atau benda dengan urutan yang sesuai.
f.     Bagan perbandingan atau perbedaan yaitu bagan yang digunakan untuk menerangkan perbandingan atau perbedaan. Biasanya dengan membuat dua atau tiga susun gambar yang berbeda.
g.    Bagan pohon yaitu bagan yang menunjukkan hubungan kekerabatan (silsilah) atau hubungan asal muaal suatu yang sedang diterangkan dan bentuknya menyerupai pohon. Misalnya silsilah keluarga raja-raja, berbagai macam produk yan berasal dari minyak bumi.
h.    Bagan skematik atau diagramatik yaitu bagan yang menerangkan bekerjanya suatu alat atau menerangkan bagian-bagian penting daripadanya. Misalnya bagan peredaran darah, bekerjanya suatu mesin dan sebagainya.
i.      Bagan pandangan tembus yaitu bagan yang digunakan untuk menerangkan keadaan bagian dalam suatu benda atau alat dengan tidak menghilankan bentuk luarnya.( Setyosari, Sihkabuden, 2005:119-120)

C.  Ciri-ciri, keunggulan dan keterbatasan
Ciri-ciri grafik adalah :
a.    Memiliki koordiant X dan Y
b.     Koordinat X berposisi Horisontal
c.    Koordinat Y berposisi Vertikal
d.   Pertemuan antara setiap titik X dan Y akan membentuk kolom-kolom dan baris-baris

Keunggulan dari grafik adalah:
a.    Untuk menjelaskan data statistik secara visual
b.    Memperlihatkan hubungan-hubungan dan perbandingan-perbandingan secara visual dengan jelas
c.    Memperlihatkan pertumbuhan, perkembangan, perubahan secara kuantitatif visual. (Setyosari, Sihkabuden, 2005:121)
d.   Bermanfaat untuk mempelajari data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannya
e.    Grafis memungkinkan kita dengan cepat mengadakan analisis interprestasi dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah pertumbuhan dan arah
f.     Penyajian dari data grafik: jelas,cepat, menarik, ringkas dan logis.
Kelemahan dari grafik adalah:
a.     Media ini sulit dipahami karena berbentuk gambar sederhana
b.     Tidak semua siswa dapat memahami atau membaca bagan atau grafik secara mudah
Keunggulan dari bagan adalah:
a.    Menerangkan suatu ide atau keadaan secara simbolis
b.    Merangkum suatu keterangan atau uraian secara sistematis
c.    Memperlihatkan hubungan yang satu dengan yang lain dalam posisi yang tepat
d.   Memperlihatkan pertumbuhan suatu struktur dengan memakai garis-garis, gambar-gambar, atau lambang-lambang (Setyosari, Sihkabuden, 2005:118)
e.    Bentuknya sederhana
f.     Hemat biaya/ murah
g.    Detail
Kelemahan dari bagan adalah:
a.     Biasanya data dari bagan banyak
b.     Pesannya terlalu singkat sehingga sulit dipahami
c.     Hanya menekankan pada persepsi indera mata saja
D.    langkah-langkah penyusunan dan penggunaan
Langkah-langkah penyusunan grafik dan bagan yakni menggunakan sistematika umum penyusunan bahan ajar:
1.    menuliskan judul topik bahasan
2.    satuan pendidikan, kelas/semester, mata pelajaran, materi pokok, sub materi, alokasi waktu
3.    kompetensi inti
4.    kompetensi dasar
5.    tujuan pembelajaran
6.    petunjuk belajar
7.    informasi pendukung
Prinsip-prinsip dalam penyusunan grafik
a.    Gambar-gambar atau simbol visual yang digunakan untuk grafik hendaknya sederhana dan bentuknya jelas
b.    Hubungan antar data yang digambarkan hendaknya cukup jelas.
c.    Jika data tersebut bersifat perbandingan, hendaknya digambarkan secara perbandingan, misalnya satu gambar manusia untuk melambangkan satu juta penduduk, maka untuk menggambarkan setengah juta penduduk digambarkan separuh gambar manusia tadi
d.   Jangan terlalu banyak mengunakan warna, dua atau tiga warna dalam grafik sudah cukup.
e.    Pakailah lambang-lambang yang cuku dikenal. (Setyosari, Sihkabuden, 2005: 122)
Prinsip-prinsip penyusunan bagan sebagai berikut:
a.    Hendaknya ukuran lambang-lambang atau gambar-gambar dibuat dengan teliti dan tepat serta ajeg.
b.    Lebih baik bila menggunakan warna-warna agar lebih menarik. Jangan menggunkan terlalu banyak warna. Cukup dua atau tiga warna saja, perlu diingat bahwa setiap warna mempunyai maksud atau arti tertentu.
c.    Bagan yang dibuat hendakya mudah dibaca dan dipelajari, gunakan lambang-lambang visual yang cukup dikenal.
d.   Satu bagan hendaknya menyajikan satu keterngan yang utuh, tetapi tetap ringkas dan sederhana.









E.  Contoh (model) bahan ajar
Contoh bahan ajar sejarah dengan Bagan dan grafik
1.      Judul                           : kedatangan bangsa barat di Indonesia dan perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia
2.      Satuan Pendidikan     : Sekolah Menengah Atas
3.      Mata Pelajaran            : Sejarah Indonesia
4.      Kelas/ Semester          : XI/Ganjil
5.      Materi Pokok              : Proses Masuk dan perkembangan penjejahan bangsa barat di Indonesia
6.      Sub Materi                  : Kedatangan Bangsa Barat Di Indonesia Dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Barat Di Indonesia
7.      Waktu                         : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
A.    Kompetensi Inti         :
KI 1    : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3     : memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunaya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4    : mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi Dasar      :
1.      Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karuania Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia
2.      Mengembangkan nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah
3.      Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa barat  (portugis, Belanda, Inggris) di Indonesia.
4.      Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia dengan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah secara kronologis dan sinkronis
C.     Tujuan Pembelajaran  :
1.      Peserta didik dapat menunjukkan nilai-nilai persatuan dalam perjuagan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia tuhan yang maha esa
2.      Peserta didik dapat menunjukkan perilaku disiplin, jujur, tanggung jawab, peduli lingkungan, dan bekerja sama
3.      Menghubungkan perubahan yang terjadi di Eropa hingga kedatangan bangsa barat di Indonesia
4.      Menguraikan masuk dan berkembangnya penjajahan bangsa barat di Indonesia

8.      Petunjuk Belajar      :
Menganalisis bagan dan grafik yang di tampilkan di dalam bahan ajar. Dalam tahapan analissi ini di harapkan peserta didik mampu menghubungkan atau menjelaskan bagan melalui tulisan atau lisan. Analisis perlu di dukung dengan teks baik dalam buku sumber maupun dalam sumber lainnya yang mendukung analisis anda.








BAGAN KEDATANGAN BANGSA EROPA DI INDONESIA
Kedatangan Bangsa Eropa di Indonesia
 























Gambar 1.1
Text Box: CONTOH : PERLAWANAN PATE KADIR, PERLAWANAN PATI UNUS DARI DEMAKText Box: MENGUASAI MALAKA (1511), MALUKU (1512)Text Box: PERLAWANAN RAKYATText Box: Monopoli perdaganganPORTUGISText Box: PORTUGIS DI NUSANTARA DI NUSANTARA
Portugis adalah bangsa barat yang pertama tiba di Nusantara, jika di bandingkan dengan bangsa barat lainnya. Sebenarnya dalam usaha pelayaran bagsa Spanyol lebih dahulu dibandingkan Portugis.








                                                  




Gambar 1.2









Perkembangan Perkebunan Di Nusantara Akibat Imperialisme Barat.
Analisis dan baca grafik di bawah ini, kemudian presentasikan dengan metode inkuiri yang di pandu oleh guru.



 













Gambar 1.3





Tugas:
Dari Bagan 1.1 Baca Dan Tampilkan Di Dalam Tulisan Dan Lisan
Tugas Ini Secara Individu
Lembar Jawaban:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................



Tugas 2
Analisis Baca Dan Tampilkan Di Dalam Tulisan Dan Lisan
Tugas Ini Secara Individu
Lembar Jawaban:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
Tugas 3
Buatlah Bagan Mengenai Inggris Dan Belanda Di Nusantara Minimal Seperti Contoh Di Atas.
Lembar Kerja:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
Irwansahaja. 2014. Media Grafis dalam Pembelajaran. (online) http://irwansahaja.blogspot.com/2014/10/media-grafis-dalam-pembelajaran.html di akses pada 01 maret 2015
Nana, Rifai. Tanpa tahun. Pengertian Media pembelajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Setyosari, P. & Sihkabuen. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas



BAHAN AJAR GRAFIK DAN BAGAN SEJARAH

Makalah
Untuk memenuhi matakuliah
Pengembangan bahan ajar sejarah
Yang di bina oleh drs. H.Kasimanuddin ismani, M. Pd


Penyusun :
Kelompok 5 offering A/2013
                                      Dwi Lidiawati                             (130731615709)
                                      Fajarini Lestari                            (130731625749)
                                      Wayu Untoro                              (130731616745)
                                      Yana Armadhita                         (130731607248)






Description: logo-um-2.jpg
 










UNIVERSITAS NEGERI MALANG
FAKULTAS ILMU SOSIAL
SEMESTER IV
Maret 2015

KATA PENGANTAR
Puja dan puji syukur kehadirat Allah swt, yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Bahan Ajar Grafik dan Bagan Sejarah” ini. Dalam makalah ini, pemakalah mengharapkan bahan ajar ini dapat membantu dalam pembelajaran sejarah, dan khususnya pada masalah pembelajaran Sejarah pada masa kini.
Penulis mengucapkan terima kasih kepada bapak Kasimanuddin ismani selaku dosen yang telah membimbing matakuliah Pengembangan bahan ajar sejarah. Kemudian kepada semua pihak yang membimbing dan memberikanan pengarahan selama penulisan makalah ini.
Akhirnya penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam makalah ini, maka penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para pembaca demi kesempurnaan makalah ini.


Malang, 10 Maret 2015

                                                                                                          Pemakalah






DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR..........................................................................................................
DAFTAR ISI..........................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
a.       Latar belakang..............................................................................................................
b.      Rumusan masalah.........................................................................................................
c.       Tujuan...........................................................................................................................
BAB II BAHAN PEMBELAJARAN
a.       Pengertian.....................................................................................................................
b.      Macam-macam.............................................................................................................
c.       Ciri-ciri, keunggulan dan keterbatasan.........................................................................
d.      Langkah-langkah penyusunan dan penggunaan...........................................................
e.       Contoh (model) bahan ajar...........................................................................................
BAB III PENUTUP
a.       Simpulan.......................................................................................................................
b.      Saran.............................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................










BAB I
PENDAHULUAN
a.      Latar Belakang
Dalam suatu pembelajaran perlu adanya suatu bahan pembelajaran yang mampu dikembangkan sendiri oleh pendidik selaku fasilitor dalam pembelajaran. Mata pelajaran sejarah yang sering dikonsepkan sebagai matapelajaran yang tidak penting, membosankan, dan tidak menarik menuntut para guru sejarah untuk mampu mengurangi masalah tersebut, salah satu solusinya yakni dengan mengembangkan suatu bahan ajar yang menunjang proses belajar peserta didik. Bahan ajar yang dikembangkan oleh guru berbagai macam modelnya, seperti bahan ajar dengan menggunakan grafik dan bagan, yang merupakan salah satu bahan ajar yang telah umum dikenal oleh siswa mupun guru sendiri. Bagan ajar grafik dan bagan ini dapat di gunakan desain serta fungsi dan manfaat sebaik mungkin yang mana dapat mencapai tujuan pemebelajaran sejarah. Sehingga dalam proses pembelajaran sejarah siswa tidak akan merasa jenuh dan bosan dalam memperhatikan mata pelajaran sejarah tersebut.
Pembelajaran sejarah yang berupa grafik dan bagan ini lebih banyak menonjolkan isi-isi dari suatu pembahasan yang membutuhkan penjelasan dari seorang guru, maupun penjelasan dari suatu keterangan-keterangan lainnya. Selain itu bahan ajar yang berupa grafik dan bagan dalam penyajian selalu di urtkan berdasarkan kronologi watu atau suatu peristiwa, sehingga bahan ajar ini menjelaskan secara berurutan.


b.      Rumusan Masalah
1.      Bagaimana bahan pembelajaran sejarah berupa grafik?
2.      Bagaimana bahan pembelajaran sejarah berupa bagan?

c.       Tujuan
1.      Untuk mengetahui bahan pembelajaran sejarah berupa grafik
2.      Untuk mengetahui bahan pembelajaran sejarah berupa bagan
BAB II
BAHAN PEMBELAJARAN
A.  Pengertian
Menurut Setyosari, Sihkabuden pengertian media grafis ialah suatu penyajian secara visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol visual lain dengan maksud untuk mengikhtisarkan, menggambarkan, merangkum suatu ide, data atau kejadian/keadaan. (Setyosari, Sihkabuden, 2005:118). Di dalam media grafis ini tercantum berbagai komponen. Antara lain, grafik, bagan, gambar, tabel, diagram, dan lain sebagainya. Media grafis dapat digunakan sebagai media pembelajaran dapat pula digunakan sebagai bahan ajar bagi peserta didik dalam membantu pemahamannya terhadap materi pembelajaran. Bahan ajar bagan dan grafik dalam penggunaannya dalam membantu pembelajaran harus memperhatikan beberapa aspek, aspek yang terpenting adalah aspek pada tujuan pembelajaran.
Pengertian grafik adalah suatu penyajian visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol visual lain untuk menggambarkan hampir semua data yang bersifat kuatitatif. Pembuatan grafik selalu berdasarkan prinsip-prinsip matematika dan statistika (Setyosari, Sihkabuden, 2005:121). Dari bentuk verbal atau kata-kata di visualkan di dalam bentuk grafik yang membantu peserta didik dalam memahami teks yang di pelajari. Grafik yang ditunjukkan harus sesuai bukti sejarah agar tidak terjadi ketimpangan antara teks dan grafik.
Pengertian Bagan adalah penyajian visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol visual lain dengan sedikit keterangan, agar peserta didik dapat lebih jelas menerima apa yang dimaksudkan oleh guru (Setyosari, Sihkabuden, 2005: 118). Di dalam bagan ini harus di sisipkan keterangan agar bagan dapat terbaca. Perbedaan antara bagan dan grafik ini terletak pada, jika grafik lebih kepada data kuantitatif dan membutuhkan prinsip-prinsip matematika dalam menyajikannya, sedangkan bagan lebih kepada  memvisualkan teks melalui keterangan dan lebih mensederhanakan teks di dalam alur yang berhubungan.



B.  Macam-Macam
Jenis-jenis grafik :
1.    grafik batang adalah untuk menunjukkan perbandingan relatif dari suatu data kuantitatif sederhana dengan menggunakan gambaran bidang yang merupakan bentuk-bentuk geometris seperti segi empat, empat persegi panjang, segi tiga dan sebagainya.
2.     grafik balok: apabila grafik batang digambarkandengan dua dimensi, maka pada grafik balok gambaran bidang tadi ditambah dengan tebalnya atau gambarkan isinya.
3.    Grafik lingkaran: menjelaskan keadaan data dengan lingkaran yang menunjukkan bilangan bulat (100%) dan setiap irisan merupakan suatu prosentase khusus. Grafik lingkaran merupakan alat yang tepat untuk menunjukkan hubungan fraksional.
4.    Grafik gambar: grafik ini merupakan variasi dari garis balok, yaitu dengan menambah hiasan gambar-gambar, sehingga akan menambah kejelasan bagi pembacanya.
5.    Garfik garis atau gravik kurva: gravik yang dapat  memvisualisasikan tabel-tabel statstik yang tertulis, menunjukkan perkembangan, perubahan dan perbandingan secara akurat.( Setyosari, Sihkabuden, 2005: 122-123)
Jenis –jenis bagan dilihat dari bentuk dan fungsinya:
a.    Bagan waktu yaitu bagan yang menunjukkan data atau keadaan dalam urutan waktu secara teratur.
b.    Bagan aliran yaitu yang melukiskan perkembangan, pertumbuhan, mulai dari suatu sumber perubahan yang kemudian menjalar kebanyak cabang atau mulai dari banyak cabang kemudian memusat ke satu aliran tunggal.
c.    Bagan struktur organisasi (organigram) yaitu bagan yang berfungsi untuk menjelaskan hubungan fungsional antara bagian dalam suatu organisasi yang terlihat dengan digunakannya kotak-kotak empat persegi panjang, garis-garis dan anak panah.
d.   Bagan petunjuk atau penuntun yaitu bagan yang memberikan petunjuk atau penuntun mengenai pembuatan atau penggunaan sesuatu dengan menggunakan tanda panah atau dengan memberikan nomor secara berurutan.
e.    Bagan uraian yaitu bagan yang menggambarkan bagian-bagian yang terurai atau terpisah-pisah dari sesuatu alat atau benda dengan urutan yang sesuai.
f.     Bagan perbandingan atau perbedaan yaitu bagan yang digunakan untuk menerangkan perbandingan atau perbedaan. Biasanya dengan membuat dua atau tiga susun gambar yang berbeda.
g.    Bagan pohon yaitu bagan yang menunjukkan hubungan kekerabatan (silsilah) atau hubungan asal muaal suatu yang sedang diterangkan dan bentuknya menyerupai pohon. Misalnya silsilah keluarga raja-raja, berbagai macam produk yan berasal dari minyak bumi.
h.    Bagan skematik atau diagramatik yaitu bagan yang menerangkan bekerjanya suatu alat atau menerangkan bagian-bagian penting daripadanya. Misalnya bagan peredaran darah, bekerjanya suatu mesin dan sebagainya.
i.      Bagan pandangan tembus yaitu bagan yang digunakan untuk menerangkan keadaan bagian dalam suatu benda atau alat dengan tidak menghilankan bentuk luarnya.( Setyosari, Sihkabuden, 2005:119-120)

C.  Ciri-ciri, keunggulan dan keterbatasan
Ciri-ciri grafik adalah :
a.    Memiliki koordiant X dan Y
b.     Koordinat X berposisi Horisontal
c.    Koordinat Y berposisi Vertikal
d.   Pertemuan antara setiap titik X dan Y akan membentuk kolom-kolom dan baris-baris

Keunggulan dari grafik adalah:
a.    Untuk menjelaskan data statistik secara visual
b.    Memperlihatkan hubungan-hubungan dan perbandingan-perbandingan secara visual dengan jelas
c.    Memperlihatkan pertumbuhan, perkembangan, perubahan secara kuantitatif visual. (Setyosari, Sihkabuden, 2005:121)
d.   Bermanfaat untuk mempelajari data-data kuantitatif dan hubungan-hubungannya
e.    Grafis memungkinkan kita dengan cepat mengadakan analisis interprestasi dan perbandingan antara data-data yang disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah pertumbuhan dan arah
f.     Penyajian dari data grafik: jelas,cepat, menarik, ringkas dan logis.
Kelemahan dari grafik adalah:
a.     Media ini sulit dipahami karena berbentuk gambar sederhana
b.     Tidak semua siswa dapat memahami atau membaca bagan atau grafik secara mudah
Keunggulan dari bagan adalah:
a.    Menerangkan suatu ide atau keadaan secara simbolis
b.    Merangkum suatu keterangan atau uraian secara sistematis
c.    Memperlihatkan hubungan yang satu dengan yang lain dalam posisi yang tepat
d.   Memperlihatkan pertumbuhan suatu struktur dengan memakai garis-garis, gambar-gambar, atau lambang-lambang (Setyosari, Sihkabuden, 2005:118)
e.    Bentuknya sederhana
f.     Hemat biaya/ murah
g.    Detail
Kelemahan dari bagan adalah:
a.     Biasanya data dari bagan banyak
b.     Pesannya terlalu singkat sehingga sulit dipahami
c.     Hanya menekankan pada persepsi indera mata saja
D.    langkah-langkah penyusunan dan penggunaan
Langkah-langkah penyusunan grafik dan bagan yakni menggunakan sistematika umum penyusunan bahan ajar:
1.    menuliskan judul topik bahasan
2.    satuan pendidikan, kelas/semester, mata pelajaran, materi pokok, sub materi, alokasi waktu
3.    kompetensi inti
4.    kompetensi dasar
5.    tujuan pembelajaran
6.    petunjuk belajar
7.    informasi pendukung
Prinsip-prinsip dalam penyusunan grafik
a.    Gambar-gambar atau simbol visual yang digunakan untuk grafik hendaknya sederhana dan bentuknya jelas
b.    Hubungan antar data yang digambarkan hendaknya cukup jelas.
c.    Jika data tersebut bersifat perbandingan, hendaknya digambarkan secara perbandingan, misalnya satu gambar manusia untuk melambangkan satu juta penduduk, maka untuk menggambarkan setengah juta penduduk digambarkan separuh gambar manusia tadi
d.   Jangan terlalu banyak mengunakan warna, dua atau tiga warna dalam grafik sudah cukup.
e.    Pakailah lambang-lambang yang cuku dikenal. (Setyosari, Sihkabuden, 2005: 122)
Prinsip-prinsip penyusunan bagan sebagai berikut:
a.    Hendaknya ukuran lambang-lambang atau gambar-gambar dibuat dengan teliti dan tepat serta ajeg.
b.    Lebih baik bila menggunakan warna-warna agar lebih menarik. Jangan menggunkan terlalu banyak warna. Cukup dua atau tiga warna saja, perlu diingat bahwa setiap warna mempunyai maksud atau arti tertentu.
c.    Bagan yang dibuat hendakya mudah dibaca dan dipelajari, gunakan lambang-lambang visual yang cukup dikenal.
d.   Satu bagan hendaknya menyajikan satu keterngan yang utuh, tetapi tetap ringkas dan sederhana.









E.  Contoh (model) bahan ajar
Contoh bahan ajar sejarah dengan Bagan dan grafik
1.      Judul                           : kedatangan bangsa barat di Indonesia dan perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia
2.      Satuan Pendidikan     : Sekolah Menengah Atas
3.      Mata Pelajaran            : Sejarah Indonesia
4.      Kelas/ Semester          : XI/Ganjil
5.      Materi Pokok              : Proses Masuk dan perkembangan penjejahan bangsa barat di Indonesia
6.      Sub Materi                  : Kedatangan Bangsa Barat Di Indonesia Dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Barat Di Indonesia
7.      Waktu                         : 4 x 45 menit (2 x pertemuan)
A.    Kompetensi Inti         :
KI 1    : Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2    : Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3     : memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunaya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI 4    : mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B.     Kompetensi Dasar      :
1.      Menghayati nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karuania Tuhan Yang Maha Esa terhadap bangsa dan negara Indonesia
2.      Mengembangkan nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah
3.      Menganalisis proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa barat  (portugis, Belanda, Inggris) di Indonesia.
4.      Mengolah informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia dengan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah secara kronologis dan sinkronis
C.     Tujuan Pembelajaran  :
1.      Peserta didik dapat menunjukkan nilai-nilai persatuan dalam perjuagan pergerakan nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia tuhan yang maha esa
2.      Peserta didik dapat menunjukkan perilaku disiplin, jujur, tanggung jawab, peduli lingkungan, dan bekerja sama
3.      Menghubungkan perubahan yang terjadi di Eropa hingga kedatangan bangsa barat di Indonesia
4.      Menguraikan masuk dan berkembangnya penjajahan bangsa barat di Indonesia

8.      Petunjuk Belajar      :
Menganalisis bagan dan grafik yang di tampilkan di dalam bahan ajar. Dalam tahapan analissi ini di harapkan peserta didik mampu menghubungkan atau menjelaskan bagan melalui tulisan atau lisan. Analisis perlu di dukung dengan teks baik dalam buku sumber maupun dalam sumber lainnya yang mendukung analisis anda.








BAGAN KEDATANGAN BANGSA EROPA DI INDONESIA
Kedatangan Bangsa Eropa di Indonesia
 























Gambar 1.1
Text Box: CONTOH : PERLAWANAN PATE KADIR, PERLAWANAN PATI UNUS DARI DEMAKText Box: MENGUASAI MALAKA (1511), MALUKU (1512)Text Box: PERLAWANAN RAKYATText Box: Monopoli perdaganganPORTUGISText Box: PORTUGIS DI NUSANTARA DI NUSANTARA
Portugis adalah bangsa barat yang pertama tiba di Nusantara, jika di bandingkan dengan bangsa barat lainnya. Sebenarnya dalam usaha pelayaran bagsa Spanyol lebih dahulu dibandingkan Portugis.








                                                  




Gambar 1.2









Perkembangan Perkebunan Di Nusantara Akibat Imperialisme Barat.
Analisis dan baca grafik di bawah ini, kemudian presentasikan dengan metode inkuiri yang di pandu oleh guru.



 













Gambar 1.3





Tugas:
Dari Bagan 1.1 Baca Dan Tampilkan Di Dalam Tulisan Dan Lisan
Tugas Ini Secara Individu
Lembar Jawaban:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................



Tugas 2
Analisis Baca Dan Tampilkan Di Dalam Tulisan Dan Lisan
Tugas Ini Secara Individu
Lembar Jawaban:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
Tugas 3
Buatlah Bagan Mengenai Inggris Dan Belanda Di Nusantara Minimal Seperti Contoh Di Atas.
Lembar Kerja:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA
Irwansahaja. 2014. Media Grafis dalam Pembelajaran. (online) http://irwansahaja.blogspot.com/2014/10/media-grafis-dalam-pembelajaran.html di akses pada 01 maret 2015
Nana, Rifai. Tanpa tahun. Pengertian Media pembelajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Setyosari, P. & Sihkabuen. 2005. Media Pembelajaran. Malang: Elang Mas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar