BAHAN
AJAR GRAFIK DAN BAGAN SEJARAH
Makalah
Untuk memenuhi matakuliah
Pengembangan bahan ajar sejarah
Yang di bina oleh drs. H.Kasimanuddin ismani, M. Pd
Penyusun :
Kelompok 5 offering A/2013
Dwi
Lidiawati (130731615709)
Fajarini
Lestari (130731625749)
Wayu
Untoro (130731616745)
Yana
Armadhita (130731607248)
![]() |
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS
ILMU SOSIAL
SEMESTER
IV
Maret
2015
KATA
PENGANTAR
Puja
dan puji syukur kehadirat Allah swt, yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya
kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Bahan Ajar
Grafik dan Bagan Sejarah” ini. Dalam makalah ini, pemakalah mengharapkan bahan
ajar ini dapat membantu dalam pembelajaran sejarah, dan khususnya pada masalah
pembelajaran Sejarah pada masa kini.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada bapak Kasimanuddin ismani selaku dosen yang
telah membimbing matakuliah Pengembangan bahan ajar sejarah. Kemudian kepada
semua pihak yang membimbing dan memberikanan pengarahan selama penulisan
makalah ini.
Akhirnya
penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam makalah
ini, maka penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para
pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Malang, 10 Maret
2015
Pemakalah
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR..........................................................................................................
DAFTAR ISI..........................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
a.
Latar belakang..............................................................................................................
b. Rumusan
masalah.........................................................................................................
c. Tujuan...........................................................................................................................
BAB II BAHAN PEMBELAJARAN
a.
Pengertian.....................................................................................................................
b. Macam-macam.............................................................................................................
c. Ciri-ciri,
keunggulan dan keterbatasan.........................................................................
d. Langkah-langkah
penyusunan dan penggunaan...........................................................
e. Contoh
(model) bahan ajar...........................................................................................
BAB III PENUTUP
a. Simpulan.......................................................................................................................
b. Saran.............................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Dalam suatu pembelajaran perlu
adanya suatu bahan pembelajaran yang mampu dikembangkan sendiri oleh pendidik
selaku fasilitor dalam pembelajaran. Mata pelajaran sejarah yang sering
dikonsepkan sebagai matapelajaran yang tidak penting, membosankan, dan tidak
menarik menuntut para guru sejarah untuk mampu mengurangi masalah tersebut,
salah satu solusinya yakni dengan mengembangkan suatu bahan ajar yang menunjang
proses belajar peserta didik. Bahan ajar yang dikembangkan oleh guru berbagai
macam modelnya, seperti bahan ajar dengan menggunakan grafik dan bagan, yang
merupakan salah satu bahan ajar yang telah umum dikenal oleh siswa mupun guru
sendiri. Bagan ajar grafik dan bagan ini dapat di gunakan desain serta fungsi
dan manfaat sebaik mungkin yang mana dapat mencapai tujuan pemebelajaran
sejarah. Sehingga dalam proses pembelajaran sejarah siswa tidak akan merasa
jenuh dan bosan dalam memperhatikan mata pelajaran sejarah tersebut.
Pembelajaran sejarah yang berupa
grafik dan bagan ini lebih banyak menonjolkan isi-isi dari suatu pembahasan
yang membutuhkan penjelasan dari seorang guru, maupun penjelasan dari suatu
keterangan-keterangan lainnya. Selain itu bahan ajar yang berupa grafik dan
bagan dalam penyajian selalu di urtkan berdasarkan kronologi watu atau suatu
peristiwa, sehingga bahan ajar ini menjelaskan secara berurutan.
b.
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
bahan pembelajaran sejarah berupa grafik?
2. Bagaimana
bahan pembelajaran sejarah berupa bagan?
c.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui bahan pembelajaran sejarah berupa grafik
2. Untuk
mengetahui bahan pembelajaran sejarah berupa bagan
BAB
II
BAHAN
PEMBELAJARAN
A. Pengertian
Menurut
Setyosari, Sihkabuden pengertian media grafis ialah suatu penyajian secara
visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol
visual lain dengan maksud untuk mengikhtisarkan, menggambarkan, merangkum suatu
ide, data atau kejadian/keadaan. (Setyosari, Sihkabuden, 2005:118). Di dalam media
grafis ini tercantum berbagai komponen. Antara lain, grafik, bagan, gambar,
tabel, diagram, dan lain sebagainya. Media grafis dapat digunakan sebagai media
pembelajaran dapat pula digunakan sebagai bahan ajar bagi peserta didik dalam
membantu pemahamannya terhadap materi pembelajaran. Bahan ajar bagan dan grafik
dalam penggunaannya dalam membantu pembelajaran harus memperhatikan beberapa
aspek, aspek yang terpenting adalah aspek pada tujuan pembelajaran.
Pengertian
grafik adalah suatu penyajian visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis,
gambar-gambar atau simbol visual lain untuk menggambarkan hampir semua data
yang bersifat kuatitatif. Pembuatan grafik selalu berdasarkan prinsip-prinsip
matematika dan statistika (Setyosari, Sihkabuden, 2005:121). Dari bentuk verbal
atau kata-kata di visualkan di dalam bentuk grafik yang membantu peserta didik
dalam memahami teks yang di pelajari. Grafik yang ditunjukkan harus sesuai
bukti sejarah agar tidak terjadi ketimpangan antara teks dan grafik.
Pengertian
Bagan adalah penyajian visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis,
gambar-gambar atau simbol visual lain dengan sedikit keterangan, agar peserta
didik dapat lebih jelas menerima apa yang dimaksudkan oleh guru (Setyosari,
Sihkabuden, 2005: 118). Di dalam bagan ini harus di sisipkan keterangan agar
bagan dapat terbaca. Perbedaan antara bagan dan grafik ini terletak pada, jika
grafik lebih kepada data kuantitatif dan membutuhkan prinsip-prinsip matematika
dalam menyajikannya, sedangkan bagan lebih kepada memvisualkan teks melalui keterangan dan
lebih mensederhanakan teks di dalam alur yang berhubungan.
B. Macam-Macam
Jenis-jenis grafik :
1. grafik
batang adalah untuk menunjukkan perbandingan relatif dari suatu data
kuantitatif sederhana dengan menggunakan gambaran bidang yang merupakan
bentuk-bentuk geometris seperti segi empat, empat persegi panjang, segi tiga
dan sebagainya.
2. grafik balok: apabila grafik batang
digambarkandengan dua dimensi, maka pada grafik balok gambaran bidang tadi
ditambah dengan tebalnya atau gambarkan isinya.
3. Grafik
lingkaran: menjelaskan keadaan data dengan lingkaran yang menunjukkan bilangan
bulat (100%) dan setiap irisan merupakan suatu prosentase khusus. Grafik
lingkaran merupakan alat yang tepat untuk menunjukkan hubungan fraksional.
4. Grafik
gambar: grafik ini merupakan variasi dari garis balok, yaitu dengan menambah
hiasan gambar-gambar, sehingga akan menambah kejelasan bagi pembacanya.
5.
Garfik garis
atau gravik kurva: gravik yang dapat
memvisualisasikan tabel-tabel statstik yang tertulis, menunjukkan
perkembangan, perubahan dan perbandingan secara akurat.( Setyosari, Sihkabuden,
2005: 122-123)
Jenis –jenis bagan dilihat dari
bentuk dan fungsinya:
a.
Bagan waktu
yaitu bagan yang menunjukkan data atau keadaan dalam urutan waktu secara
teratur.
b. Bagan
aliran yaitu yang melukiskan perkembangan, pertumbuhan, mulai dari suatu sumber
perubahan yang kemudian menjalar kebanyak cabang atau mulai dari banyak cabang
kemudian memusat ke satu aliran tunggal.
c. Bagan
struktur organisasi (organigram) yaitu bagan yang berfungsi untuk menjelaskan
hubungan fungsional antara bagian dalam suatu organisasi yang terlihat dengan
digunakannya kotak-kotak empat persegi panjang, garis-garis dan anak panah.
d. Bagan
petunjuk atau penuntun yaitu bagan yang memberikan petunjuk atau penuntun
mengenai pembuatan atau penggunaan sesuatu dengan menggunakan tanda panah atau
dengan memberikan nomor secara berurutan.
e. Bagan
uraian yaitu bagan yang menggambarkan bagian-bagian yang terurai atau
terpisah-pisah dari sesuatu alat atau benda dengan urutan yang sesuai.
f. Bagan
perbandingan atau perbedaan yaitu bagan yang digunakan untuk menerangkan
perbandingan atau perbedaan. Biasanya dengan membuat dua atau tiga susun gambar
yang berbeda.
g. Bagan
pohon yaitu bagan yang menunjukkan hubungan kekerabatan (silsilah) atau
hubungan asal muaal suatu yang sedang diterangkan dan bentuknya menyerupai
pohon. Misalnya silsilah keluarga raja-raja, berbagai macam produk yan berasal
dari minyak bumi.
h. Bagan
skematik atau diagramatik yaitu bagan yang menerangkan bekerjanya suatu alat
atau menerangkan bagian-bagian penting daripadanya. Misalnya bagan peredaran
darah, bekerjanya suatu mesin dan sebagainya.
i. Bagan
pandangan tembus yaitu bagan yang digunakan untuk menerangkan keadaan bagian
dalam suatu benda atau alat dengan tidak menghilankan bentuk luarnya.(
Setyosari, Sihkabuden, 2005:119-120)
C. Ciri-ciri,
keunggulan dan keterbatasan
Ciri-ciri
grafik adalah :
a.
Memiliki
koordiant X dan Y
b.
Koordinat
X berposisi Horisontal
c.
Koordinat
Y berposisi Vertikal
d.
Pertemuan
antara setiap titik X dan Y akan membentuk kolom-kolom dan baris-baris
Keunggulan
dari grafik adalah:
a. Untuk
menjelaskan data statistik secara visual
b. Memperlihatkan
hubungan-hubungan dan perbandingan-perbandingan secara visual dengan jelas
c. Memperlihatkan
pertumbuhan, perkembangan, perubahan secara kuantitatif visual. (Setyosari,
Sihkabuden, 2005:121)
d.
Bermanfaat untuk mempelajari data-data kuantitatif dan
hubungan-hubungannya
e. Grafis memungkinkan kita dengan
cepat mengadakan analisis interprestasi dan perbandingan antara data-data yang
disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah pertumbuhan dan arah
f. Penyajian dari data grafik:
jelas,cepat, menarik, ringkas dan logis.
Kelemahan
dari grafik adalah:
a.
Media ini sulit dipahami karena berbentuk gambar sederhana
b.
Tidak semua siswa dapat memahami atau membaca bagan atau
grafik secara mudah
Keunggulan dari bagan
adalah:
a. Menerangkan
suatu ide atau keadaan secara simbolis
b. Merangkum
suatu keterangan atau uraian secara sistematis
c. Memperlihatkan
hubungan yang satu dengan yang lain dalam posisi yang tepat
d. Memperlihatkan
pertumbuhan suatu struktur dengan memakai garis-garis, gambar-gambar, atau
lambang-lambang (Setyosari, Sihkabuden, 2005:118)
e.
Bentuknya sederhana
f. Hemat biaya/ murah
g. Detail
Kelemahan dari bagan adalah:
a.
Biasanya data dari bagan banyak
b.
Pesannya terlalu singkat sehingga sulit dipahami
c.
Hanya menekankan pada persepsi indera mata saja
D.
langkah-langkah
penyusunan dan penggunaan
Langkah-langkah penyusunan grafik
dan bagan yakni menggunakan sistematika umum penyusunan bahan ajar:
1. menuliskan
judul topik bahasan
2. satuan
pendidikan, kelas/semester, mata pelajaran, materi pokok, sub materi, alokasi
waktu
3. kompetensi
inti
4. kompetensi
dasar
5. tujuan
pembelajaran
6. petunjuk
belajar
7. informasi
pendukung
Prinsip-prinsip
dalam penyusunan grafik
a. Gambar-gambar
atau simbol visual yang digunakan untuk grafik hendaknya sederhana dan
bentuknya jelas
b. Hubungan
antar data yang digambarkan hendaknya cukup jelas.
c. Jika
data tersebut bersifat perbandingan, hendaknya digambarkan secara perbandingan,
misalnya satu gambar manusia untuk melambangkan satu juta penduduk, maka untuk
menggambarkan setengah juta penduduk digambarkan separuh gambar manusia tadi
d. Jangan
terlalu banyak mengunakan warna, dua atau tiga warna dalam grafik sudah cukup.
e. Pakailah
lambang-lambang yang cuku dikenal. (Setyosari, Sihkabuden, 2005: 122)
Prinsip-prinsip
penyusunan bagan sebagai berikut:
a. Hendaknya
ukuran lambang-lambang atau gambar-gambar dibuat dengan teliti dan tepat serta
ajeg.
b. Lebih
baik bila menggunakan warna-warna agar lebih menarik. Jangan menggunkan terlalu
banyak warna. Cukup dua atau tiga warna saja, perlu diingat bahwa setiap warna
mempunyai maksud atau arti tertentu.
c. Bagan
yang dibuat hendakya mudah dibaca dan dipelajari, gunakan lambang-lambang
visual yang cukup dikenal.
d. Satu
bagan hendaknya menyajikan satu keterngan yang utuh, tetapi tetap ringkas dan
sederhana.
E. Contoh (model)
bahan ajar
Contoh bahan ajar sejarah dengan Bagan dan grafik
1.
Judul : kedatangan bangsa
barat di Indonesia dan perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia
2.
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
3. Mata
Pelajaran : Sejarah Indonesia
4.
Kelas/ Semester : XI/Ganjil
5. Materi
Pokok : Proses Masuk dan
perkembangan penjejahan bangsa barat di Indonesia
6. Sub
Materi : Kedatangan
Bangsa Barat Di Indonesia Dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Barat Di Indonesia
7. Waktu
: 4 x 45 menit (2
x pertemuan)
A. Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunaya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 : mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar :
1. Menghayati
nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan
nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karuania Tuhan Yang Maha Esa
terhadap bangsa dan negara Indonesia
2. Mengembangkan
nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada
kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah
3. Menganalisis
proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa barat (portugis, Belanda, Inggris) di Indonesia.
4.
Mengolah
informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa barat di
Indonesia dengan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah secara kronologis
dan sinkronis
C. Tujuan
Pembelajaran :
1.
Peserta didik
dapat menunjukkan nilai-nilai persatuan dalam perjuagan pergerakan nasional
menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia tuhan yang maha esa
2.
Peserta didik
dapat menunjukkan perilaku disiplin, jujur, tanggung jawab, peduli lingkungan,
dan bekerja sama
3.
Menghubungkan
perubahan yang terjadi di Eropa hingga kedatangan bangsa barat di Indonesia
4.
Menguraikan
masuk dan berkembangnya penjajahan bangsa barat di Indonesia
8.
Petunjuk
Belajar :
Menganalisis
bagan dan grafik yang di tampilkan di dalam bahan ajar. Dalam tahapan analissi
ini di harapkan peserta didik mampu menghubungkan atau menjelaskan bagan
melalui tulisan atau lisan. Analisis perlu di dukung dengan teks baik dalam
buku sumber maupun dalam sumber lainnya yang mendukung analisis anda.

Kedatangan
Bangsa Eropa di Indonesia

Gambar 1.1










Portugis
adalah bangsa barat yang pertama tiba di Nusantara, jika di bandingkan dengan
bangsa barat lainnya. Sebenarnya dalam usaha pelayaran bagsa Spanyol lebih
dahulu dibandingkan Portugis.
Gambar
1.2
Perkembangan
Perkebunan Di Nusantara Akibat Imperialisme Barat.
Analisis dan baca
grafik di bawah ini, kemudian presentasikan dengan metode inkuiri yang di pandu
oleh guru.

Gambar
1.3
Tugas:
Dari Bagan 1.1 Baca Dan Tampilkan Di
Dalam Tulisan Dan Lisan
Tugas Ini Secara Individu
Lembar Jawaban:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
Tugas
2
Analisis
Baca Dan Tampilkan Di Dalam Tulisan Dan Lisan
Tugas
Ini Secara Individu
Lembar
Jawaban:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
Tugas 3
Buatlah Bagan Mengenai Inggris Dan Belanda Di
Nusantara Minimal Seperti Contoh Di Atas.
Lembar Kerja:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
Irwansahaja.
2014. Media Grafis dalam Pembelajaran. (online) http://irwansahaja.blogspot.com/2014/10/media-grafis-dalam-pembelajaran.html
di akses pada 01 maret 2015
Nana,
Rifai. Tanpa tahun. Pengertian Media
pembelajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Setyosari,
P. & Sihkabuen. 2005. Media Pembelajaran.
Malang: Elang Mas
BAHAN
AJAR GRAFIK DAN BAGAN SEJARAH
Makalah
Untuk memenuhi matakuliah
Pengembangan bahan ajar sejarah
Yang di bina oleh drs. H.Kasimanuddin ismani, M. Pd
Penyusun :
Kelompok 5 offering A/2013
Dwi
Lidiawati (130731615709)
Fajarini
Lestari (130731625749)
Wayu
Untoro (130731616745)
Yana
Armadhita (130731607248)
![]() |
UNIVERSITAS
NEGERI MALANG
FAKULTAS
ILMU SOSIAL
SEMESTER
IV
Maret
2015
KATA
PENGANTAR
Puja
dan puji syukur kehadirat Allah swt, yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya
kepada penulis, sehingga dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Bahan Ajar
Grafik dan Bagan Sejarah” ini. Dalam makalah ini, pemakalah mengharapkan bahan
ajar ini dapat membantu dalam pembelajaran sejarah, dan khususnya pada masalah
pembelajaran Sejarah pada masa kini.
Penulis
mengucapkan terima kasih kepada bapak Kasimanuddin ismani selaku dosen yang
telah membimbing matakuliah Pengembangan bahan ajar sejarah. Kemudian kepada
semua pihak yang membimbing dan memberikanan pengarahan selama penulisan
makalah ini.
Akhirnya
penulis menyadari bahwa banyak terdapat kekurangan-kekurangan dalam makalah
ini, maka penulis mengharapkan kritik dan saran yang konstruktif dari para
pembaca demi kesempurnaan makalah ini.
Malang, 10 Maret
2015
Pemakalah
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR..........................................................................................................
DAFTAR ISI..........................................................................................................................
BAB I PENDAHULUAN
a.
Latar belakang..............................................................................................................
b. Rumusan
masalah.........................................................................................................
c. Tujuan...........................................................................................................................
BAB II BAHAN PEMBELAJARAN
a.
Pengertian.....................................................................................................................
b. Macam-macam.............................................................................................................
c. Ciri-ciri,
keunggulan dan keterbatasan.........................................................................
d. Langkah-langkah
penyusunan dan penggunaan...........................................................
e. Contoh
(model) bahan ajar...........................................................................................
BAB III PENUTUP
a. Simpulan.......................................................................................................................
b. Saran.............................................................................................................................
DAFTAR PUSTAKA............................................................................................................
BAB
I
PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Dalam suatu pembelajaran perlu
adanya suatu bahan pembelajaran yang mampu dikembangkan sendiri oleh pendidik
selaku fasilitor dalam pembelajaran. Mata pelajaran sejarah yang sering
dikonsepkan sebagai matapelajaran yang tidak penting, membosankan, dan tidak
menarik menuntut para guru sejarah untuk mampu mengurangi masalah tersebut,
salah satu solusinya yakni dengan mengembangkan suatu bahan ajar yang menunjang
proses belajar peserta didik. Bahan ajar yang dikembangkan oleh guru berbagai
macam modelnya, seperti bahan ajar dengan menggunakan grafik dan bagan, yang
merupakan salah satu bahan ajar yang telah umum dikenal oleh siswa mupun guru
sendiri. Bagan ajar grafik dan bagan ini dapat di gunakan desain serta fungsi
dan manfaat sebaik mungkin yang mana dapat mencapai tujuan pemebelajaran
sejarah. Sehingga dalam proses pembelajaran sejarah siswa tidak akan merasa
jenuh dan bosan dalam memperhatikan mata pelajaran sejarah tersebut.
Pembelajaran sejarah yang berupa
grafik dan bagan ini lebih banyak menonjolkan isi-isi dari suatu pembahasan
yang membutuhkan penjelasan dari seorang guru, maupun penjelasan dari suatu
keterangan-keterangan lainnya. Selain itu bahan ajar yang berupa grafik dan
bagan dalam penyajian selalu di urtkan berdasarkan kronologi watu atau suatu
peristiwa, sehingga bahan ajar ini menjelaskan secara berurutan.
b.
Rumusan
Masalah
1. Bagaimana
bahan pembelajaran sejarah berupa grafik?
2. Bagaimana
bahan pembelajaran sejarah berupa bagan?
c.
Tujuan
1. Untuk
mengetahui bahan pembelajaran sejarah berupa grafik
2. Untuk
mengetahui bahan pembelajaran sejarah berupa bagan
BAB
II
BAHAN
PEMBELAJARAN
A. Pengertian
Menurut
Setyosari, Sihkabuden pengertian media grafis ialah suatu penyajian secara
visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis, gambar-gambar atau simbol
visual lain dengan maksud untuk mengikhtisarkan, menggambarkan, merangkum suatu
ide, data atau kejadian/keadaan. (Setyosari, Sihkabuden, 2005:118). Di dalam media
grafis ini tercantum berbagai komponen. Antara lain, grafik, bagan, gambar,
tabel, diagram, dan lain sebagainya. Media grafis dapat digunakan sebagai media
pembelajaran dapat pula digunakan sebagai bahan ajar bagi peserta didik dalam
membantu pemahamannya terhadap materi pembelajaran. Bahan ajar bagan dan grafik
dalam penggunaannya dalam membantu pembelajaran harus memperhatikan beberapa
aspek, aspek yang terpenting adalah aspek pada tujuan pembelajaran.
Pengertian
grafik adalah suatu penyajian visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis,
gambar-gambar atau simbol visual lain untuk menggambarkan hampir semua data
yang bersifat kuatitatif. Pembuatan grafik selalu berdasarkan prinsip-prinsip
matematika dan statistika (Setyosari, Sihkabuden, 2005:121). Dari bentuk verbal
atau kata-kata di visualkan di dalam bentuk grafik yang membantu peserta didik
dalam memahami teks yang di pelajari. Grafik yang ditunjukkan harus sesuai
bukti sejarah agar tidak terjadi ketimpangan antara teks dan grafik.
Pengertian
Bagan adalah penyajian visual yang menggunakan titik-titik, garis-garis,
gambar-gambar atau simbol visual lain dengan sedikit keterangan, agar peserta
didik dapat lebih jelas menerima apa yang dimaksudkan oleh guru (Setyosari,
Sihkabuden, 2005: 118). Di dalam bagan ini harus di sisipkan keterangan agar
bagan dapat terbaca. Perbedaan antara bagan dan grafik ini terletak pada, jika
grafik lebih kepada data kuantitatif dan membutuhkan prinsip-prinsip matematika
dalam menyajikannya, sedangkan bagan lebih kepada memvisualkan teks melalui keterangan dan
lebih mensederhanakan teks di dalam alur yang berhubungan.
B. Macam-Macam
Jenis-jenis grafik :
1. grafik
batang adalah untuk menunjukkan perbandingan relatif dari suatu data
kuantitatif sederhana dengan menggunakan gambaran bidang yang merupakan
bentuk-bentuk geometris seperti segi empat, empat persegi panjang, segi tiga
dan sebagainya.
2. grafik balok: apabila grafik batang
digambarkandengan dua dimensi, maka pada grafik balok gambaran bidang tadi
ditambah dengan tebalnya atau gambarkan isinya.
3. Grafik
lingkaran: menjelaskan keadaan data dengan lingkaran yang menunjukkan bilangan
bulat (100%) dan setiap irisan merupakan suatu prosentase khusus. Grafik
lingkaran merupakan alat yang tepat untuk menunjukkan hubungan fraksional.
4. Grafik
gambar: grafik ini merupakan variasi dari garis balok, yaitu dengan menambah
hiasan gambar-gambar, sehingga akan menambah kejelasan bagi pembacanya.
5.
Garfik garis
atau gravik kurva: gravik yang dapat
memvisualisasikan tabel-tabel statstik yang tertulis, menunjukkan
perkembangan, perubahan dan perbandingan secara akurat.( Setyosari, Sihkabuden,
2005: 122-123)
Jenis –jenis bagan dilihat dari
bentuk dan fungsinya:
a.
Bagan waktu
yaitu bagan yang menunjukkan data atau keadaan dalam urutan waktu secara
teratur.
b. Bagan
aliran yaitu yang melukiskan perkembangan, pertumbuhan, mulai dari suatu sumber
perubahan yang kemudian menjalar kebanyak cabang atau mulai dari banyak cabang
kemudian memusat ke satu aliran tunggal.
c. Bagan
struktur organisasi (organigram) yaitu bagan yang berfungsi untuk menjelaskan
hubungan fungsional antara bagian dalam suatu organisasi yang terlihat dengan
digunakannya kotak-kotak empat persegi panjang, garis-garis dan anak panah.
d. Bagan
petunjuk atau penuntun yaitu bagan yang memberikan petunjuk atau penuntun
mengenai pembuatan atau penggunaan sesuatu dengan menggunakan tanda panah atau
dengan memberikan nomor secara berurutan.
e. Bagan
uraian yaitu bagan yang menggambarkan bagian-bagian yang terurai atau
terpisah-pisah dari sesuatu alat atau benda dengan urutan yang sesuai.
f. Bagan
perbandingan atau perbedaan yaitu bagan yang digunakan untuk menerangkan
perbandingan atau perbedaan. Biasanya dengan membuat dua atau tiga susun gambar
yang berbeda.
g. Bagan
pohon yaitu bagan yang menunjukkan hubungan kekerabatan (silsilah) atau
hubungan asal muaal suatu yang sedang diterangkan dan bentuknya menyerupai
pohon. Misalnya silsilah keluarga raja-raja, berbagai macam produk yan berasal
dari minyak bumi.
h. Bagan
skematik atau diagramatik yaitu bagan yang menerangkan bekerjanya suatu alat
atau menerangkan bagian-bagian penting daripadanya. Misalnya bagan peredaran
darah, bekerjanya suatu mesin dan sebagainya.
i. Bagan
pandangan tembus yaitu bagan yang digunakan untuk menerangkan keadaan bagian
dalam suatu benda atau alat dengan tidak menghilankan bentuk luarnya.(
Setyosari, Sihkabuden, 2005:119-120)
C. Ciri-ciri,
keunggulan dan keterbatasan
Ciri-ciri
grafik adalah :
a.
Memiliki
koordiant X dan Y
b.
Koordinat
X berposisi Horisontal
c.
Koordinat
Y berposisi Vertikal
d.
Pertemuan
antara setiap titik X dan Y akan membentuk kolom-kolom dan baris-baris
Keunggulan
dari grafik adalah:
a. Untuk
menjelaskan data statistik secara visual
b. Memperlihatkan
hubungan-hubungan dan perbandingan-perbandingan secara visual dengan jelas
c. Memperlihatkan
pertumbuhan, perkembangan, perubahan secara kuantitatif visual. (Setyosari,
Sihkabuden, 2005:121)
d.
Bermanfaat untuk mempelajari data-data kuantitatif dan
hubungan-hubungannya
e. Grafis memungkinkan kita dengan
cepat mengadakan analisis interprestasi dan perbandingan antara data-data yang
disajikan baik dalam hal ukuran, jumlah pertumbuhan dan arah
f. Penyajian dari data grafik:
jelas,cepat, menarik, ringkas dan logis.
Kelemahan
dari grafik adalah:
a.
Media ini sulit dipahami karena berbentuk gambar sederhana
b.
Tidak semua siswa dapat memahami atau membaca bagan atau
grafik secara mudah
Keunggulan dari bagan
adalah:
a. Menerangkan
suatu ide atau keadaan secara simbolis
b. Merangkum
suatu keterangan atau uraian secara sistematis
c. Memperlihatkan
hubungan yang satu dengan yang lain dalam posisi yang tepat
d. Memperlihatkan
pertumbuhan suatu struktur dengan memakai garis-garis, gambar-gambar, atau
lambang-lambang (Setyosari, Sihkabuden, 2005:118)
e.
Bentuknya sederhana
f. Hemat biaya/ murah
g. Detail
Kelemahan dari bagan adalah:
a.
Biasanya data dari bagan banyak
b.
Pesannya terlalu singkat sehingga sulit dipahami
c.
Hanya menekankan pada persepsi indera mata saja
D.
langkah-langkah
penyusunan dan penggunaan
Langkah-langkah penyusunan grafik
dan bagan yakni menggunakan sistematika umum penyusunan bahan ajar:
1. menuliskan
judul topik bahasan
2. satuan
pendidikan, kelas/semester, mata pelajaran, materi pokok, sub materi, alokasi
waktu
3. kompetensi
inti
4. kompetensi
dasar
5. tujuan
pembelajaran
6. petunjuk
belajar
7. informasi
pendukung
Prinsip-prinsip
dalam penyusunan grafik
a. Gambar-gambar
atau simbol visual yang digunakan untuk grafik hendaknya sederhana dan
bentuknya jelas
b. Hubungan
antar data yang digambarkan hendaknya cukup jelas.
c. Jika
data tersebut bersifat perbandingan, hendaknya digambarkan secara perbandingan,
misalnya satu gambar manusia untuk melambangkan satu juta penduduk, maka untuk
menggambarkan setengah juta penduduk digambarkan separuh gambar manusia tadi
d. Jangan
terlalu banyak mengunakan warna, dua atau tiga warna dalam grafik sudah cukup.
e. Pakailah
lambang-lambang yang cuku dikenal. (Setyosari, Sihkabuden, 2005: 122)
Prinsip-prinsip
penyusunan bagan sebagai berikut:
a. Hendaknya
ukuran lambang-lambang atau gambar-gambar dibuat dengan teliti dan tepat serta
ajeg.
b. Lebih
baik bila menggunakan warna-warna agar lebih menarik. Jangan menggunkan terlalu
banyak warna. Cukup dua atau tiga warna saja, perlu diingat bahwa setiap warna
mempunyai maksud atau arti tertentu.
c. Bagan
yang dibuat hendakya mudah dibaca dan dipelajari, gunakan lambang-lambang
visual yang cukup dikenal.
d. Satu
bagan hendaknya menyajikan satu keterngan yang utuh, tetapi tetap ringkas dan
sederhana.
E. Contoh (model)
bahan ajar
Contoh bahan ajar sejarah dengan Bagan dan grafik
1.
Judul : kedatangan bangsa
barat di Indonesia dan perkembangan penjajahan bangsa barat di Indonesia
2.
Satuan
Pendidikan : Sekolah Menengah Atas
3. Mata
Pelajaran : Sejarah Indonesia
4.
Kelas/ Semester : XI/Ganjil
5. Materi
Pokok : Proses Masuk dan
perkembangan penjejahan bangsa barat di Indonesia
6. Sub
Materi : Kedatangan
Bangsa Barat Di Indonesia Dan Perkembangan Penjajahan Bangsa Barat Di Indonesia
7. Waktu
: 4 x 45 menit (2
x pertemuan)
A. Kompetensi
Inti :
KI 1 :
Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2 : Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli
(gotong-royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif
dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam
menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 :
memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual,
prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunaya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,
kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian
yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
KI
4 : mengolah, menalar, dan menyaji
dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang
dipelajarinya di sekolah secara mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif,
serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi
Dasar :
1. Menghayati
nilai-nilai persatuan dan keinginan bersatu dalam perjuangan pergerakan
nasional menuju kemerdekaan bangsa sebagai karuania Tuhan Yang Maha Esa
terhadap bangsa dan negara Indonesia
2. Mengembangkan
nilai dan perilaku mempertahankan harga diri bangsa dengan bercermin pada
kegigihan para pejuang dalam melawan penjajah
3. Menganalisis
proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa barat (portugis, Belanda, Inggris) di Indonesia.
4.
Mengolah
informasi tentang proses masuk dan perkembangan penjajahan bangsa barat di
Indonesia dengan menyajikannya dalam bentuk cerita sejarah secara kronologis
dan sinkronis
C. Tujuan
Pembelajaran :
1.
Peserta didik
dapat menunjukkan nilai-nilai persatuan dalam perjuagan pergerakan nasional
menuju kemerdekaan bangsa sebagai karunia tuhan yang maha esa
2.
Peserta didik
dapat menunjukkan perilaku disiplin, jujur, tanggung jawab, peduli lingkungan,
dan bekerja sama
3.
Menghubungkan
perubahan yang terjadi di Eropa hingga kedatangan bangsa barat di Indonesia
4.
Menguraikan
masuk dan berkembangnya penjajahan bangsa barat di Indonesia
8.
Petunjuk
Belajar :
Menganalisis
bagan dan grafik yang di tampilkan di dalam bahan ajar. Dalam tahapan analissi
ini di harapkan peserta didik mampu menghubungkan atau menjelaskan bagan
melalui tulisan atau lisan. Analisis perlu di dukung dengan teks baik dalam
buku sumber maupun dalam sumber lainnya yang mendukung analisis anda.

Kedatangan
Bangsa Eropa di Indonesia

Gambar 1.1










Portugis
adalah bangsa barat yang pertama tiba di Nusantara, jika di bandingkan dengan
bangsa barat lainnya. Sebenarnya dalam usaha pelayaran bagsa Spanyol lebih
dahulu dibandingkan Portugis.
Gambar
1.2
Perkembangan
Perkebunan Di Nusantara Akibat Imperialisme Barat.
Analisis dan baca
grafik di bawah ini, kemudian presentasikan dengan metode inkuiri yang di pandu
oleh guru.

Gambar
1.3
Tugas:
Dari Bagan 1.1 Baca Dan Tampilkan Di
Dalam Tulisan Dan Lisan
Tugas Ini Secara Individu
Lembar Jawaban:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
Tugas
2
Analisis
Baca Dan Tampilkan Di Dalam Tulisan Dan Lisan
Tugas
Ini Secara Individu
Lembar
Jawaban:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
Tugas 3
Buatlah Bagan Mengenai Inggris Dan Belanda Di
Nusantara Minimal Seperti Contoh Di Atas.
Lembar Kerja:
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................
DAFTAR
PUSTAKA
Irwansahaja.
2014. Media Grafis dalam Pembelajaran. (online) http://irwansahaja.blogspot.com/2014/10/media-grafis-dalam-pembelajaran.html
di akses pada 01 maret 2015
Nana,
Rifai. Tanpa tahun. Pengertian Media
pembelajaran. Jakarta: Sinar Baru Algensindo
Setyosari,
P. & Sihkabuen. 2005. Media Pembelajaran.
Malang: Elang Mas
Tidak ada komentar:
Posting Komentar